Sunday 16 September 2018

Tips Hemat Ketika KKN

Haloha ! welcome back to my blog hehehe. Akhirnya kali ini aku bisa berbagi tulisan nih di blog, gimana kangen gaa? hahaha. Postingan kali ini aku bakalan ngasih tips buat kalian yang bentar lagi mau KKN. Apasih KKN itu? Kuliah Kerja Nyata atau biasa disingkat KKN merupakan salah satu kegiatan atau bisa disebut juga salah satu matakuliah lapangan dimana kita diwajibkan untuk mengabdi di sebuah desa. Nah selain itu waktu yang diperlukan buat ngejalanin KKN kurang lebih selama 40 hari. Karena kita diwajibkan untuk mengabdi di sebuah desa, otomatis kita juga harus tinggal disana dong dan kita juga harus jauh dari orang tua.
Karena bakalan jauh dari orang tua, kalian pasti bertanya-tanya gimana sih caranya hemat pas KKN, apalagi kalo tempat KKN kalian didesa terpencil yang jauh banget dari kota. Nih, buat kalian yang pengen tau tips nya baca terus tulisan ini sampe abis yaa :D

1. Cari posko yang paling murah
Hal yang paling penting pas kkn adalah posko. Apasih posko itu? yap, posko atau bisa juga disebut rumah, gunanya posko adalah sebagai tempat tinggal kalian, tempat diskusi, atau bisa juga tempat becanda sama temen-temen hehe. Nah tips dari aku sih, carilah posko yang paling murah yaa syukur-syukur dapet posko dengan harga Rp 0.- alias gratiss (biasanya kalo gratis, posko yang kalian tempatin itu bareng sama warga, atau bisa juga bareng sama pak kadesnya).
Biasanya harga untuk satu posko selama 40 hari tuh macem-macem di mulai dari harga 3 juta - 500 ribu. Oh iyaa tapi tenang, biasanya kalo kalian dapet posko dengan harga yang cukup mahal, fasilitas yang ada di posko tersebut udah terjamin, dan pasti enak buat dijadikan tempat tinggal kalian, yaa ibaratnya kalian gausah bawa barang-barang yang banyak, cukup baju dan bawa diri aja hahaha.

2. Makan? Masak di posko aja !
Biaya yang paling bengkak tuh biasanya disini nih, yaa biaya makan. Usahakan untuk makan sebisa mungkin kalian tuh masak, kalo misalnya temen-temen posko kalian ga ada yang bisa masak yaa coba deh buat searching resep masakan yaa itung-itung sekalian kalian belajar juga kaan. Oh iyaa dan usahakan juga sebelum kkn kalian diskusiin tuh, tentang biaya makan untuk perorangnya mau berapa, dan dalam sehari kalian mau makan berapa kali. Kalo pengalaman aku sih, untuk sekali makan satu orang dikenakan biaya 5.000 dan kelompok aku memilih untuk seharinya kita makan sebanyak 3x, jadi dalam satu hari perorangnya dikenakan biaya 15.000

3. Hedon ? Boleh kok, tapi jangan sering
Godaan setiap anak kkn yaitu hedon wkwkw apalagi nih buat kalian yang poskonya deket sama kota yaa misalnya nih jarak dari kota ke desa itu cuman 30 menit, dipastikan kalian bakalan hedon wkwk soalnya segala makanan yang gada di desa pengen dibeli, maklum mumpung ke kota hahaha.
Tapi untuk yang satu ini balik ke pribadi kalian masing-masing, kalo kalian tipikal orang yang hedon dan segala dibeli, otomatis kalian bakalan boros selama kkn, beda halnya kalo kalian tipikal orang yang jajan atau beli sesuatu tuh sesuai kebutuhan, so be smart people

4. Sering-sering silaturahmi sama warga
Tips hemat yang lain yaitu sering-seringlah mejalin silaturahmi sama warga, contohnya setiap kalian bertemu sama warga desa cobalah buat nyapa mereka, ngobrol, atau bantu-bantu ketika mereka lagi panen atau nanam tanaman. Kenapa ? karena ketika kalian udah deket sama warga dijamin, apapun yang mereka tanam ketika panen tiba kalian bakalan kebagian hasil panennya :D. Pengalaman aku sih, pas kkn aku sama temen-temen sempet ngobrol-ngobrol sama warga yaa mencoba buat deket gitukaan. Eh ternyata setelah lama-kelamaan, warganya ngasih kita bahan makanan dan buah buah, kaya strawberry, kabocha, lettuce, labu, cabai rawit, dll. Gimana? banyak bangetkan? so jangan lupa untuk sering-sering bersilaturahmi sama warga sekitar yaa :)

Nah mungkin 4 tips diatas bisa membantu kalian untuk menghemat ketika kkn datang, selamat kkn, selama mengabdi :) jadilah seseorang yang membawa perubahan ! bye !

0 comments:

Post a Comment