Sunday 24 June 2018

Resep Topokki Mudah Anti Gagal

Haloha, happy weekend semua :D
Postingan kali ini nisa bakalan ngebahas satu jajanan dari korea yaitu topokki (Tteokbokki). Siapa sih yang ga tau jajanan yang satu ini, terlebih kalo kalian adalah salah satu pecinta drama korea hahaha. Yup, jajanan ini terbuat dari bahan tepung beras, memiliki tekstur yang kenyal, dan juga tampilan warna merah yang menggugah. Pokoknya siapapun yang liat pasti ngiler, termasuk aku haha.
Nah kali ini aku bakalan ngasih satu resep topokki dimana semua bahan yang aku gunakan mudah banget didapat dan murah, terlebih untuk resep topokki ini aku ga menggunakan gochujang (pasta cabai korea) dan gochugaru (cabai bubuk korea). Pokoknya semua bahan dapat kalian temuin di pasar tradisional, gimana oke banget kaan? Yuk langsung simak aja resep pembuatan topokki no gochujang no gochugaru, check this out

Resep Topokki Mudah Anti Gagal

Bahan Topokki :
100 gr Tepung Beras
50 gr Tepung Kanji
Garam secukupnya
Air panas secukupnya

Bahan Saus :
1 sdm Saus Cabai
3 sdm Saus Tomat
1 sdm Mayonaise
1 siung Bawang putih, cincang kasar
1 buah Cabai rawit, cincang kasar (optional)
1/2 sdt bubuk cabai
Daun bawang secukupnya
300 ml Air
1 sdm Minyak goreng

Cara Membuat :
1. Topokki : Campur tepung beras, tepung kanji, dan garam, aduk rata. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit, aduk sampai kalis. Setelah kalis, ambil satu sendok adonan lalu bentuk memanjang dan potong dengan ukuran masing masing 3 cm, atau sesuai selera. 
2. Rebus adonan topokki dalam air mendidih, angkat bila adonan sudah matang. Adonan yang telah matang ditandai dengan adonan mengapung diatas permukaan air, angkat dan tiriskan
3. Saus : panaskan wajan yang telah diberi minyak, tumis bawang putih dan cabai rawit sampai harum, tambahkan saus cabai, saus tomat, mayonaise, dan bubuk cabai, aduk rata. Lalu tambahkan air dan masak sampai mendidih. 
4. Setelah mendidih masukkan topokki, aduk dan diamkan selama 5 menit
5. Tambahkan garam dan potongan daun bawang, masak sebentar, lalu angkat
6. Topokki siap disajikan

Gimanaa mudah banget kaan bikinnya? :D oh iyaa selain topokki kalian bisa menambahkan bahan lain kok seperti mie, baso ikan, mozarella, dan bahan lainnya. Tapi untuk topokki yang aku buat, aku cuman nambahin beberapa potongan baso ikan hehe. 
Kalian pasti punya pertanyaan, kok pake mayonaise? biar apa? naah aku tambahin mayonaise disaus topokki tujuannya agar saus ada rasa asem-asemnya gitu haha. Jadi gimana nih udah siap buat nyobain bikin topokki sendiri tanpa gochugaru dan gochujang? 
So pasti harus siap doong ! hahaha. Nah segini dulu postingan nisa kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dicoba yaa, semoga berhasil resep topokki anti gagal nya. See you :D

3 comments: