Sunday 7 January 2018

Casual : Cari Uang Itu Jangan Malu !

Hallo semuanya, happy weekend :D
Hari ini aku bakalan share sedikit tentang pengalaman aku, yang intinya kita ga boleh malu sama apa yang kita lakuin, selama yang kita lakuin itu baik. Jadi begini ceritanya.. jeng..jeng..jeng

Kalian yang lagi sekolah di bangku SMK atau yang udah lulus dari SMK pasti pernah denger yang namanya casual. Yups, casual itu semacam kerja part time, tapi kita itu kerjanya di nikahan orang yang memakai jasa catering buat pernikahannya (karna dulu jurusan aku SMK itu tata boga yaa). Durasi kerja casual itu sekitar 7 jam, dari jam 7 -2 siang. Kerjanya ngapain? oke kalian harus baca terus cerita ini sampai habis hahaha.
Jadi selama aku duduk dibangku SMK, mungkin aku adalah satu-satunya murid yang ga pernah casual hahaha. Ya, jadi aku itu anti banget sama yang namanya casual, dulu aku punya pikiran ngapain casual ? hari minggu waktunya libur dipake buat kerja, hmm mending diem di rumah leyeh-leyeh manja :(, itu cuman salah satu alasan sih, sebenernya ada lagi alasan kenapa aku gamau casual.
Pertama, casual itu harus buka kerudung. Aku itu tipe orang yang insyaallah jaga kerudung, dan memilih ngelepasin kerjaan yang bagus dari pada harus buka kerudung. Saat itu aku mikir, lah kamu harus buka kerudung dengan bayaran ga seberapa, jadi pas dijaman aku SMK gaji satu kali casual itu Rp 55.000,- kecil banget kan :(. Jadi yaa sayang aja, demi uang RP 55.000,- kamu harus ngebuka kerudung dan memamparkan rambut kamu yang indah cuman buat diliat secara gratisan sama orang lain. ih noooo :(
Kedua, gaji ga sebanding sama apa yang kamu kerjakan. Bayangin aja deh sama kalian, kerja selama 7 jam,ngangkatin ini-itu, refill ini-itu, ngelayanin tamu yang banyak plus rewel, terus kalian cuman digaji cuman Rp 55.000,- hmm ga worth it :(
Ketiga, venue yang jauh. Rata-rata casual itu sih jauh-jauh, yaa sekitaran  bandung. Bandung - Cimahi itu ga deket :( belum lagi ongkos yang kamu keluarkan (kalo ga pake kendaraan pribadi yaa). Misalnya ongkos pulang pergi Bandung - Cimahi itu Rp 25.000,- trs gaji kamu Rp 55.000,-. berarti 55.000 - 25.000 = 30.000, kasarnya, gaji bersih kamu cuman 30.000, jadi masih mau casual? pikiran aku saat itu. dan akhirnya selama 3 taun sekolah, aku sama sekali ga pernah ikutan casual, gapernah.

Lanjut, kuliah..
ditempat kuliah, udah mulai lagi tuh tawaran buat casual, gajinya pun udah naik sekitar Rp 95.000,-/casual, lumayan sih, tapi aku tetap pada pendirian, yaitu aku nolak casual tersebut, nolak. Alasannya adalah jauh broo, belum lagi ongkos because eyke don't have motorcycle.
Tapi pendirian aku pun berubah, setelah salah satu temen kelas nawarin casual di daerah Cimahi, dan tepatnya ga jauh dari rumah, sekitar 10 menit dari rumah sampe venue udah nyampe. Aku ga langsung nge-iyain, disitu aku masih mikir-mikir dulu, soalnya kalo nerima tawaran itu sama kaya aku ngegantiin temen aku, yup temen aku nawarin karena dia ga bisa, soalnya jauh dari tempat rumah dia yang berada di daerah bandung dan seandainya kalo nerima, aku ga kenal sama siapa-siapa takut celengak-celinguk, akhirnya temen aku bilang lagi kalo dia butuh dua orang, bebas mau cewe atau cowo, yaudah aku langsung hubungi sodara aku aja yang cowo buat ikut, lumayan kan ada temen ngobrol hahaha.setelah nawarin ke sodara, akhirnya sodara akupun meng-iyakan buat ikut, dan aku pun ikut hihi

Hari ketika acara dimulai.
hari itu, aku sama sodara dateng kepagian, yaa jam 6.30 kita udah disana dengan keadaan belum ada siapa-siapa. Satu jam nunggu akhirnya dateng beberapa anak casual yang lain, terus kita kenalan dan mulai deh berperang dengan casual.
Nah pertama kali casual, aku ditempatin di stall sate,yaa jaga sate gitu wkwkw, dan jaganya sendiri :( ketika yang lain jaga berdua, aku harus jaga sendiri :(. Acara resepsi dimulai jam 11, sebelum jam sebelas, anak -anak casual mulai prepare persediaan buat stall masing-masing yang mereka jaga. Daan jreng.. jam 11 pun tiba, semua tamu undangan mulai berdatangan dan menyerbu stall sate, seneng sih di serbu, kan otomatis cepet abis stall nya, tapi yang ga disukainya itu riweh, aku harus jongkok-berdiri-jongkok-berdiri buat ngerefill sate, dan ketika aku berdiri, ada satu hal yang bikin aku kaget, ya temen SMP aku ada disitu :(
Dipikiran aku ada dua pilihan, yaitu pura-pura ga kenal, atau nyapa aja, tapi kalo nyapa malu, kalo pura-pura ga kenal kan jahat baget, soalnya aku sama temen aku itu pernah satu kelas pas smp. Dengan beraninya, aku senyum sambil nyapa hahaha :( sungguh adegan yang memalukan :(. Temen aku pun nyapa balik, dia nanya ngapain aku disini, kenapa bisa disini, dll.
Waktu pun menunjukan jam 2 siang, yaa waktunya tutup. Meskipun masih banyak pengunjung, tapi tetep kita harus menuruti peraturan catering bahwa, jika jam menunjukan jam 2 suka ga suka, mau gamau, kita harus tutup dan membereskan stall yang kita jaga.
Nah sebelum pulang, kita dipersilahkan dulu buat makan sama ibu cateringnya. Kita pun makan, dan waktu yang kita tunggu- tunggu pun datang, yup GA-JI-AN. Ketika ibu catering mengeluarkan amplop, aku pun langsung sumringah, seketika cape yang dirasain itu ilang, dan "oh gini yaa rasanya dapet gaji pertama". For first time, seorang Anisa Putri Isnarti dapet gaji hahah. Setelah itu, kita langsung pamit dan pulang. Sesampainya di rumah, aku langsung buka amplop, dan bersyukur.

Memang bener yang dikatain banyak orang, kalo nyari uang itu susah. Untuk itu kita harus bersyukur sama apa yang kita punya, kita harus sangat-sangat-sangat berterimakasih sama orang tua, karna berkat kerja keras mereka kita bisa sampai tahap sekarang, bisa diurus, disekolahin, dan dijagain, tanpa pernah mereka ngeluh kecapeaan, dan meminta imbalan. Intinya dari cerita ini adalah kita harus bersyukur sama pekerjaan kita, harus cintai kerjaan kita, karna dari mana kita dapet uang kalo bukan dari apa yang kita lakukan, dan satu lagi, jangan malu sama apa yang kita kerjakan :) meskipun kamu bekerja dengan berdagang ya jangan malu, casual pun jangan malu, atau mungkin hanya seorang pekerja biasa pun ya jangan malu, intinya cintai pekerjaanmu dan pekerjaanmu akan mencintaimu, eaaaaak...

2 comments:

  1. Info casualnya ka ada ga? Klo ada boleh wa 082295848263 makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf baru membaca komentarmu, untuk saat ini belum ada info mengenai casual kak :)

      Delete